Sunday, July 8, 2012

Fast Track.......


Hi, there..

Nama saya Lusiana Chendrika (you can call me Lusi), dan saya adalah mahasiswi fast track Teknik Kimia UGM yang baru saja menyelesaikan Tugas Akhir S1 Teknik Kimia saya yang berjudul "Prarancangan Pabrik Metil Metakrilat dari Metanol dan Asam Metakrilat Kapasitas 60.000 Ton/Tahun".
Buat yang belum tahu apa itu fast track, yuk denger penjelasan saya.


Jadi, fast track adalah jalur kuliah 'cepat' dimana mahasiswa menyelesaikan studi S1 + S2 selama hanya 5 tahun (biasanya kan 6 tahun). Program ini adalah kerjasama dikti dan SEAMOLEC untuk melahirkan tunas-tunas bangsa yang pandai serta memiliki social responsibility, terlihat dari program-program yang ditujukan kepada mereka: ISR (Individual Social Responsibility). Kegiatan ISR dilakukan terdiri dari magang atau melakukan proses pengajaran selama 4 jam dalam seminggu di SMA/SMK terdekat, sedangkan untuk pemantauan kegiatan tersebut, Beasiswa Unggulan bekerja sama dengan tim SEAMOLEC menyediakan fasilitas seminar online dan menyediakan fasilitas pembuatan blogger (That was why I made this blog...)

Yang membuat saya bingung adalah, seminar online yang wacananya diadakan setiap bulan itu tidak jelas keberadaannya, dan pemantauan akan kegiatan fast track juga sampai sekarang antara 'ada dan tiada'. Kemudian, ada beberapa prasyarat bagi mahasiswa fast track agar dapat mempertahankan beasiswanya, antara lain: lulus S1 bulan Agustus 2012, IPK 2 semester pertama min. 3,5 (sebenarnya saya juga bingung, ada beberapa teman saya yang bilang batasnya adalah 3,25 bukan 3,5), keharusan mengadakan seminar setiap bulan, melaksanakan program ISR, dan membuat blog. Nah, sekarang yang jadi pertanyaan saya adalah:

1. Apakah mahasiswa yang belum lulus S1 bulan Agustus 2012 tetap mendapat beasiswa?
2. Apakah mahasiswa yang mendapatkan IPK 2 di bawah 3,5 (atau 3,25) tetap mendapat beasiswa?
3. Apakah mahasiswa yang belum mengikuti seminar online, belum melaksanakan ISR, atau belum membuat blog tetap mendapat beasiswa?


Jadi saya hanya bisa berkeluh kesah di sini, semoga beberapa orang yang memang memiliki pengaruh akan program ini dapat membaca tulisan saya di blog dan membantu saya menjawab segala pertanyaan di atas. Saya sungguh berharap agar program ini dapat terus berjalan dan berhasil dalam melaksanakan misinya untuk menghasilkan orang-orang berpendidikan tinggi dan memiliki social responsibility. Namun alangkah baiknya jika program ini dibuat dan dilaksanakan secara jelas sejelas-jelasnya, agar para mahasiswa fast track tidak bingung dan bertanya-tanya akan kelanjutan studi mereka.

Jika anda yang membca saya merupakan mahasiswa fast track juga, dari universitas manapun di seluruh Indonesia, sila berbagi keluh kesah dan informasi dengan saya, saya akan sangat menghargainya :)

No comments:

Post a Comment